lima terasyik

Latah. Seperti teman-teman lain yang bikin daftar “anu yang…pada 2015.” Biar beda saya susun daftar postingan di blog pribadi yang paling memikat sepanjang 2015.

Daftar ini tak dibikin berhari-hari, dengan jidat berkerut. Hanya dipikirkan selama perjalanan pulang dari kantor ke rumah tadi. Sekitar satu jam. Niscaya ada yang luput karena ingatan yang berkhianat dan keterbatasan “wilayah jelajah.”

Pilihan saya bukan tulisan-tulisan “berat”. Cuma cerita-cerita bersahaja namun lama membekas di pikiran dan atau perasaan. Kita disajikan kisah, bukan petuah.

Pun tak disusun berdasarkan peringkat. Hanya soal waktu muncul: lebih dulu terbit, lebih dulu disebut. Sila disimak.

1. Mentari Menyala di Sini

Mungkin karena menyebut UNPAD dan Bandung. Saya punya “perkara historis” dengan keduanya. Juga boleh jadi lantaran menyoal lagu Abah Iwan yang saya suka. Tapi sang penulis memang piawai meracik cerita.

2. Senjakala Pangkas Rambut Tua

Lancar mengalir. Detailnya bikin iri. Yang tak kalah mengesankan, kisahnya sendiri: para juru pangkas tua berdarah Tionghoa di Surabaya. Saya baru baca topik tersebut di tulisan ini.

3. Kemeja Post

Cara pandangnya segar.  Tentang seorang sisi lain seorang pekerja kantoran yang punya gerai buku di Pasar Santa. Namun bukan gerai nan lazim. Visi tak klise direspons dengan cerdas oleh si penulis .

4. Tabu dan Kotak Pandora

Penulis menanggapi kontroversi atas dirinya dengan rileks. Dengan humor. Ingat penulisnya adalah (salah satu) bintang paling berkilau di langit sastra kita kini. Pikiran liar saya mengira penulis lagi menyindir: elu ribut doang, mana karya elu yang dipuja-puji (bahkan) di luar negeri?

5. Prajna

Cerita relasi kakak dan adik yang mengharukan. Padahal hubungan mereka bermasalah. “Sedari kecil, kami tidak akur. Apa saja bisa memancing pertengkaran…” catat penulis. Ditulis sang adik dengan apik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>