intrik

Senopati Pamungkas bukan sekadar kisah silat. Karya ini juga mendedahkan banyak hal lain. Termasuk, intrik politik.

Mahapatih Panji Angragani berbicara dengan Waisesa Sagara, penasihatnya. Mereka membahas Senamata Karmuka, senopati utama di keraton Singasari. Karmuka mengelola Ksatria Pingitan, lembaga yang menggembleng para anak muda, terutama dalam ilmu kanuragan, untuk kelak menjadi pilar keraton. Salah satu anak muda itu adalah Bagus Respati, anak Angragani.

“Seeekor anjing yang sejak kecil hanya mengenal satu tuan, kelak kemudian hari bakal menyerang siapa saja atas perintahnya. Bubarkan saja.”

“Bagaimana dengan Bagus Respati?”

”Cari guru yang lain. Dengan demikian apa yang diperolehnya tidak sama dengan perolehan ksatria muda lainnya. Dia akan memiliki kelebihan.”

Waisesa Sagara menegaskan, jika Ksatria Pingitan dibubarkan, segenap kekuasaan terpusat di Angragani. Senamata Karmuka tak lagi punya kaki dan tangan di bawah.

“Jadi, Upasara Wulung harus tetap dibunuh?” ujar Angragani.

Upasara Wulung, yang merupakan protagonis dalam cerita karya Arswendo Atmowiloto ini, adalah produk utama Ksatria Pingitan. Ilmu silatnya mengagumkan. Ia punya kans untuk jadi sosok pokok di keraton kelak.

“Satu-dua nyawa, apa artinya? Sekarang ini kau harus yakin bahwa siapa pun yang berdiri di dekatmu bakal membantumu. Kalau dia meragukan sedikit saja, perlu disingkirkan. Ingatlah, jabatan mahapatih bukan jabatan sederhana. Dan keraton ini terlalu banyak pendapat. Sejak Baginda Raja mengadakan pergeseran, sejak kau memegang kekuasaan, banyak juga yang berusaha menggugatmu,” kata Waisesa Sagara.

Dalih bisa didesain, rasionalisasi dapat dikreasi. Yang penting kekuasaan aman di tangan. Hukum dan etika? Lempar saja ke dalam laci. Kunci. Habis perkara. Apalagi jika yang mesti dihabisi cuma mantan kolega yang memilih “pihak sana” tapi kurang ajar karena tekun mengusut borok-borok…

Senopati Pamungkas memang bukan sekadar kisah silat. Saya kerap membukanya kembali. Juga di hari-hari ini, ketika politik hanya bikin murung dan keki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>