menikmati hidup

Havel,

Meluncur kabar menarik di BusinessWeek, pekan lalu. Survei majalah itu bersama sebuah lembaga riset, dengan 37.000 lebih mahasiswa AS sebagai responden, menemukan: tujuan berkarir nomor satu adalah “menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional.” Sementara, “membangun basis finansial yang kuat” hanya menjadi alasan ketiga. Pendirian ini membentuk garis kontinum dengan alasan para karyawan muda yang pindah kantor: hari kerja yang seperti tanpa jeda.

Ada aksi, muncul reaksi. Sejumlah perusahaan pun mulai “mengalah.” Mereka menambah hari cuti tahunan dan menawarkan jadwal kerja yang fleksibel. Atau, seperti Lockheed Martin: perusahaan ini mengizinkan para karyawan yang bekerja sembilan jam sehari untuk libur pada Jumat, tiap dua pekan.

Ya, ya, jika ini semua terus membesar bak bola salju, bolehlah diteriakkan: arbeit macht frei, kerja membuat merdeka. (Tapi, tahukah kamu riwayat slogan ini? Hitler memajangnya di gerbang kamp konsentrasi…) Dan, barangkali menjadi “kurang relevan” buat mendengar Morning Sidekick yang memparodikan You’re Beautiful milik James Blunt–sebagai My Cubicle–seperti berikut:

My job is stupid
My day’s a bore
Inside this office
From 8 to 4.

Nothing ever happens
My life is pretty blank
Pretending that I am working
Pray I don’t get canned

My cubicle, my cubicle
It’s 1 of 62
It’s my small space
In a crowded place
Just a six by six board booth
And I hate it, that’s the truth

When I give a sigh
As the boss walks by
No one ever talks to me
Or looks me in the eye
And I really should work
But instead I just sit here
And surf the internet

And my cubicle, my cubicle
It doesn’t have a view
It’s my small space
In a crowded place
I sit inside there too
And sometimes I sit here nude

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *